Kenali 5 Daftar Universitas Swasta Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Teknik Mesin adalah salah satu jurusan di Fakultas Teknik. Di jurusan ini, mahasiswa belajar tentang perancangan, pembuatan dan pemeliharaan mesin.

Jurusan ini juga membutuhkan pemahaman tentang mekanika, kinematika dan termodinamika. Pengetahuan yang diperoleh di teknik mesin dapat membantu Anda untuk mengejar karir di industri otomotif atau manufaktur. Di Indonesia, tidak hanya universitas negeri yang memiliki jurusan teknik mesin terakreditasi A. 

Ada juga sejumlah universitas swasta yang memiliki jurusan teknik mesin terakreditasi A. Penilaian akreditasi sebuah program studi atau jurusan oleh BAN PT sendiri meliputi tujuh elemen.

Ketujuh unsur tersebut adalah: visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, dan sistem penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana; sistem informasi; penelitian Tiga bidang pekerjaan berikut ini dilakukan oleh Universitas: layanan sosial dan kerjasama.

Urutan Kampus Jurusan Teknik Mesin Terbaik

Nah mari simak lima daftar kampus dibawah ini dengan seksama dan dapat kalian semua jadikan referensi bagi kalangan peminat permesinan yaitu sebagai berikut : 

Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Mesin UMM telah terakreditasi A sejak tahun 2018. Di kampus ini, mahasiswa dapat mempelajari desain dan konstruksi mesin, konversi energi, produksi permesinan dan pembentukan. Terdapat empat peminatan: konstruksi, konversi energi, produksi permesinan dan produksi material. Jurusan Teknik n UMM juga menawarkan kesempatan untuk bergabung dengan komunitas teknik otomotif, peroketan, robotika dan teknik desain.

Universitas Tarumanegara

Teknik Mesin UNTAR mendapatkan akreditasi A dari BANPT pada tahun 2017. Mata kuliah yang ditawarkan meliputi perancangan, proses manufaktur, proyek desain, otomasi dan robotika, serta teknologi lingkungan.

Universitas Pancasila

Pada tahun 2016, Fakultas UP menerima akreditasi A dari BANPT. Setiap semester, mahasiswa mempelajari empat hal yang berbeda: semester satu dan dua berfokus pada sains dan matematika, seperti statistik dan mekanika bahan; semester tiga dan empat adalah mata kuliah desain dan cara dasar, seperti kinematika dan dinamika cara; semester lima dan enam berfokus pada manufaktur dan rekayasa.

Semester 5 dan 6 mencakup manufaktur dan cara, dengan salah satu mata kuliahnya adalah teknologi dan proses manufaktur. Dan semester akhir, yaitu semester 7 dan 8, berfokus pada penelitian dan sikap, seperti etika dan hukum cara.

Universitas Gunadarma

Pada tahun 2016, Departemen Teknik Gunder juga menerima sertifikat A. Mahasiswa yang terdaftar di departemen ini dapat mempelajari teknik aplikasi komputer dasar, mekanika kekuatan material, cara elemen, dan cara tenaga.

Universitas Muslim Indonesia

 

Jurusan Teknik Mesin UII di Yogyakarta menerima akreditasi A pada tahun 2016. Mahasiswa di departemen ini berorientasi pada pengembangan teknologi manufaktur, khususnya desain produk berbantuan komputer dan otomasi industri.